Orang Indonesia pertama yang tercatat sebagai pemilik mobil adalah Sunan
Solo, pada tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz, beroda
empat. Diperlukan waktu satu tahun persiapan pembuatannya, karena tipe
ini memiliki banyak variasi sesuai dengan pesanan Sunan. John.C.Potter
seorang penjual mobil mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya
dari Eropa.
Tahun 1907 salah seorang keluarga raja lain di Solo, Kanjeng Raden
Sosrodiningrat membeli sebuah mobil merk Daimler. Mobil merk ini memang
tergolong mobil mahal dan hanya dimiliki oleh orang-orang berkedudukan
tinggi. Mobil ini bekerja dengan empat silinder sama dengan kendaraan
yang dipakai oleh Gubernur Jenderal di Batavia. Malahan ada kabar
burung, bahwa dibelinya mobil Daimler tersebut oleh keluarga Sunan Solo,
disebabkan karena Sunan tidak mau kalah gengsi dengan Gubernur
Jenderal. Sebelumnya, ketika Gubernur masih menggunakan mobil merk Fiat
atau sebuah kereta yang ditarik dengan 40 ekor kuda, tidak seorang pun
berani menyainginya. Tetapi tiba-tiba saja Sunan Solo memesan mobil dari
pabrik dan merk yang sama, Kanjeng Raden Sosrodiningrat memesan mobil
Daimlernya lewat Prottel & Co.
nih dia mobilnya
Orang Indonesia lainnya yang juga dari keluarga kesultanan yang memiliki
mobil pribadi ialah Sultan Ternate pada tahun 1913. Keinginannya untuk
memiliki dan mengendarai sendiri ‘kereta setan’, setelah merasakan
nikmatnya duduk di kendaraan merk King Dick yang dibawa oleh seorang
Belanda dalam perjalanan keliling Maluku. Sultan begitu terkesan dan
langsung memesan sebuah mobil yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya,
tidak seperti King Dick yang beroda tiga, tetapi Sultan Ternate
menginginkan kendaraan roda empat yang bisa dibawa kemana saja bila ia
inginkan.
Ada juga orang Indonesia yang lain, sebagai pemilik mobil pertama untuk
daerahnya, di Pekalongan. Namanya Raden Mas Ario Tjondro, Bupati
Berebes. Di tahun 1904 mobilnya sudah kelihatan mondar-mandir di
kotanya. Mobilnya merk Orient Backboard, mobil ini dilengkapi dengan
persneling maju dan mundur. Tetapi hanya memiliki satu silinder dan
berkekuatan delapan PK, serta menggunakan tenaga rantai untuk
menggerakan roda-rodanya.
0 komentar:
Posting Komentar