Selamat Datang, Semoga Bermanfaat

Kamis, 01 September 2011

Terminologi Film - Apa itu HD, DVDRip, BD, Xvid, Scr, x264, MKV, PDTV, DDC, AC3 etc..

Berdasarkan Scene -- Tags Film ..........

PROPER

apa itu PROPER ?:

Aturan main di kalangan uploader movie underground itu yang pertama ngerilis Telesync (TS) itulah pemenangnya. Namun adakalanya kualitasnya ngga bagus2 amat. Nah kalo grup uploader merilis film yang sama dgn kualitas yg lebih bagus, maka ditambahkan tags PROPER pada judul thread gan..
Jadi tags PROPER ini sangat subjektif gan, terkadang kita ngga tau bedanya dengan rilis pertama. Bahkan ada yang sengaja nge-tag PROPER biar uploader ngga kelihatan malu kalo terlambat ngerilis film terbaru. Satu yang pasti, uploader sejati selalu menyertakan alasan kenapa di tag PROPER pada NFO file



SUBBED / UNSUBBED
apa itu SUBBED / UNSUBBED ?:

SUBBED adalah tag untuk film yang mengandung subtitle gan..
Ada 3 jenis SUBBED yakni :
- HARDSUB / open subtitles dimana subtitle-nya disatukan langsung pada videonya gan frame by frame. Jadi ngga perlu alat / aplikasi khusus untuk menampilkan subtitlenya karena sudah jadi satu kesatuan dengan videonya.
Pada VCD bahkan ada yang sampai bikin dua sampai 3 subtitle pada videonya sampe menuh2in layar gan. Pada SVCD paling ditemui 1 subtitle karena ia sudah mendukung switching subtitle.

Kelebihannya :
Karena ia menyatu dengan videonya maka subtitlenya bisa diberi special FX semacam ditebelin, dimiringin, dikasih warna, ganti font, etc.. Ini yang digemari di cd/dvd karaoke.
Kekurangannya :
Subtitlenya ngga bisa dihilangkan

- PRE-RENDERED SUBS dimana subtitle dipisahkan dari frame video namun di overlay (ditimpakan) diatas video streaming ketika dimainkan (playback). Model ini yang digunakan pada DVD sehingga dapat menampung sekian bahasa dalam satu film. Peran hardware diperlukan disini untuk menampilkan atau mematikan subtitlenya gan..tau hardwarenya apaan gan ?

- SOFTSUB / Closed Subtitles dimana subtitle berbentuk file yang didalamnya ada text yang diberi tanda2 khusus dan tanda waktu (timestamp) yang akan ditampilkan selama dimainkan (playback). File ini membutuhkan dukungan dr player untuk menampilkannya. Ini yang sering di pake untuk fansubs film2 anime.

Biasanya softsub ini dikenali dengan adanya file2 tambahan pada film yang dikenal dengan subrib. Filenya biasanya dengan ekstensi .srt , .ass , .ssa , .sub+.idx. Atau lebih lengkapnya dapat dilihat disini.

UNSUBBED
Jika suatu film udah pernah dirilis dengan versi SUBBED, maka versi UNSUBBED (tanpa subtitle) dapat di rilis kemudian.



HARDSUB / SOFTSUB
apa itu HARDSUB / SOFTSUB ?:

Istilah ini udah diterangkan di bagian SUBBED/UNSUBBED gan..



LIMITED
apa itu LIMITED ?:

Tag LIMITED biasanya disematkan ke film yang seyogyanya di pertontonkan di sedikit teater / bioskop atau bilanglah peredarannya terbatas atau dibatasi. Biasanya ngga lebih dr 250 bioskop. Biasanya, selain karena filmnya ekslusif juga karena filmnya berdurasi singkat atau bisa juga karena bersifat indie.. Kalo agan2 pernah mendengar festifal film JIFFEST, nah kalo filmnya beredar pasti di tag LIMITED sama si uploader.



INTERNAL
 apa itu INTERNAL ?:

Seperti namanya, rilis film dengan tag INTERNAL adalah film yang dirilis untuk keperluan Internal saja. Ada beberapa alasan kenapa dibuat INTERNAL. Antara lain, karena rilis film tersebut belum memenuhi standar2 rilis film seperti belum ada subtitle, encoding yang salah, etc.. Sehingga film ini hanya di distribusikan / dipertukarkan di kalangan grup uploader itu sendiri atau site tertentu aja. Skenario contoh misalnya, si A udah dapat film Matrix yang belum ada subtitle-nya maka ia akan rilis film itu di grupnya dia. Nanti si B punya subtitlenya maka akan di gabung ke film tersebut dan siap di rilis ke publick atas nama group mereka.


STV
apa itu STV ?:

STV = Straight To Video adalah film yang tidak pernah dikeluarkan ke bioskop. Oleh karenanya, film STV jarang diminati karena biasanya kurang promosi


WS / FS
apa itu WS / FS ?:

WS = Widescreen dan FS = Fullscreen adalah aspek rasio atau perbandingan panjang : lebar resolusi film .
Untuk yang WS aspek rasionya adalah 16 : 9. Kalo untuk FS itu 4 : 3.


RECODE
apa itu RECODE ?:

RECODE adalah rilis sebelumnya yang di encoding ulang biasanya menggunakan aplikasi TMPGenc untuk membuang subtitel, merubah aspek rasio gambar, memperbaiki warna, etc..


REPACK
 apa itu REPACK ?:

Kalau suatu grup uploader sebelumnya merilis film yang jelek (bad rip) maka mereka akan merilis versi REPACK yang memperbaiki masalah tersebut. Untuk membedakannya dengan PROPER, biasanya PROPER itu untuk masalah kualitas gambar sementara REPACK ke masalah kesalahan teknis semisal aspek rasio yg salah, gambar lag atau patah2, lypsinc (suara sama mulut ngga sinkron), etc..


DUPE
apa itu DUPE ?:

Tags DUPE disematkan kalo film itu adalah duplikasi / copyan rip yang sudah ada. Biasanya tag ini disematkan oleh pihak ketiga. Misal si uploader X mengupload film Hulk di website anu. Trus si uploader Y entah nemu dimana mengupload film yang sama di website anu juga. Maka biasanya si Moderator atau user yang udah kadung mendownload jadi tau kalo itu sama dan akan memberi tahu / mengganti langsung judul thread dengan DUPE atau *DUPE*


NUKED
apa itu NUKED ?:

Adalah film yang dirilis tapi jelek akhirnya di bom nuklir (NUKE) hehehe.. hiperbola ya.. maksudnya sih ini fim jangan di donlot deh.. Banyak alasan kenapa suatu film dilabeli dengan NUKE / NUKED antara lain BAD FPS, BAD A/R, BAD IVTC & INTERLACED.. Penjelasannya liat dibawah ya gan..



BAD FPS
apa itu BAD FPS ?:

Adalah film yang dirilis tidak memenuhi standar frame rate video yakni sekitar ~24fps.


BAD A/R
apa itu BAD A/R ?:

Adalah film yang dirilis tidak memenuhi standar aspek rasio video yang bener.



BAD IVTC
apa itu BAD IVTC ?:

Bad IVTC (inverse telecine) adalah film yang kualitas gambarnya menurun / buruk sebagai akibat mengkonversi film dari frame rate 30fps ke 24fps untuk memperkecil file.


INTERLACED
apa itu INTERLACED ?:

Adalah film yang gambarnya ada garis2 hitam yang disebut dengan INTERLACING akibat encoding yang gak bener sehingga pergerakan tata letak field order jadi ngaco..




DC
apa itu DC ?:

Adalah rilis film masih berupa DC = Director Cut = Editan si Director film. Biasanya belum masuk badan sensor atau final release. Karena setelah masuk badan sensor atau sebelum dirilis biasanya ada bbrp adegan yang dipotong untuk menyesuaikan dengan etika, jam tayang, etc..




0 komentar:

Posting Komentar